• Breaking News

    Definisi Informatika

    Definisi Teknik Informatika

    Teknik Informatika merupakan disiplin ilmu yang meng induk pada ilmu komputer yang pada dasarnya merupakan kumpulan disiplin ilmu dan teknik yang secara khusus menangani transformasi atau pengolahan fakta-fakta simbolik (data) dengan memanfaatkan seoptimal mungkin teknologi komputer, tansformasi itu berupa proses-proses logika dan sistematika untuk mendapatkan solusi dalam menyelesaikan berbagai masalah,sehingga dengan memilih program studi Teknik Informatika kita menjadi terlatik berfikir logis dan sistematis untuk dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan pekerjaan apapun.

    Seiring perkembangan teknologi yang semakin cepat maka program studi Teknik Informatika diarahkan pada penguasaan ilmu dan rekayasa informatika yang berdasarkan pada kemampuan untuk memahami,,menganalisa, menilai, meneerapkan, serta menciptakan piranti luak (software) dalam pengolahan komputer. Disamping itu lulusan Teknik Informatika diharapkan memiliki kemempuan merencanakan suatu jaringan dan sistem komputer, serta menguasai dasar-dasar ilmu informasi sebagai pengembangan lebih lanjut.

    Berikut adalah Prospek Pekerjaan lulusan Teknik Informatika

    1. Programmer
    Profesi menjadi programmer merupakan profesi paling ideal untuk lulusan teknik informatika, karna mempelajari cara membuat suatu program ,bidang Programmer sendiri sangat luas dan bermacam-macam tergantung aplikasinya sendiri. Banyak ilmu yang harus di pelajari seorang programmer seperti bahasa pemograman PHP,JAVA,PYTHON,C++ ,minimal mengerti HTML,Javascript, CSS belum lagi dituntut untuk mengerti aplikasi lanjutan Framework.

    2. Teknisi Jaringan (Network Engginer) dan Database Administrator
    Dibangku kuliah tidak hanya di pelajari cara membuat sistem dan aplikasi saja, juga dipelajari jaringan dan database, biasanya jaman sekarang ini SMK pun sudah menerapkan matapelajaran Jaringan di sekolahnya dan hanya memperdalam di bangku kuliah, keahlian ini sangat banyak dibutuhkan dibanyak perusahaan besar di Indonesia seperti Telkom, Indosat, XL ,Biznet dan banyak lagi. Tapi untuk dinyatakan ahli dalam bidang ini kita harus ambil lagi sertifikat dari pihak ketiga seperti CCNA (Cisco Certified Network Assosiated) dan Orecle Database Administrator.
    3. Teknisi Komputer
    Masyarakat /ditempat kerja umumnya menganggap bahwa lulusan teknik informatika /IT itu bisa memperbaiki komputer,printer,telpon dan merakit komputer , padahal di bangku kuliah tidak dipelajari hal tersebut ,namun tidak bisa dipungkiri seorang lulusan harus bisa menyelesaikan itu semua. 
    Dari gambaran profesi diatas jelas lulusan teknik informatika memiliki banyak peluang kerja yang cukup bagus minimal menguasai salasatu dari ketiga jobdesk diatas , sangat disayangkan apabila lulusan teknik informatika tidak mempunya skill yang matang dalam menghadapi era globalisasi dan perkembangan teknologi yang sangat pesat.

    No comments